Resep Martabak Manis Mini

Martabak memang jajanan yang tidak perlu diragukan akan kelezatannya.  Hampir  semua orang menyukai jenis martabak, baik martabak manis, martabak manis bangka dan telor.

Sekilas tentang martabak bila dalambahasa arab memiliki arti lipatan/terlipat, di sana pusat martabak terdapat pada daerah Hijaz, sedangkan di luar Arab penyebarannya sampai ke Yaman, Indonesia, Singapura, Malaysia, serta Brunei.

Bila melihat perkembangannya di nusantara hampir setiap pinggir jalanan kota banyak dijajakan, ya memang martabak sangat populer bagi kalangan menengah ke bawah karena mudah didapatkan serta hargannya relatif cukup murah.

Mungkin anda pernah mendengar nama martabak unyil atau mungkin martabak mini, semuannya sebenarnya sama saja dilihat dari penampilan, serta rasanya. hanya saja soal ukuran yang membedakan.

Pada kesempatan kali ini, Resep Cara Memasaqk akan membagikan resep beserta cara membuat martabak mini atau juga martabak unyil.

Baca Juga:


Resep Martabak Manis Mini


Cara pembuatan makanan ini tidaklah sulit dan rumit, walau begitu kita tidak boleh meremehkan prosos cara membuatnya. Membuat martabak memerlukan sedikit kesabaran, karena mungkin dalam percobaan awal akan mengalami kegagalan.

Bahkan bila mengalami gagal hingga 5 kalipun wajar, pedagang martabak sendiri terbilang sudah biasa juga sering mengalami kegfagalan dalam pembuatan.

Bagi pemula biasanya hal yang sulit ialah menentukan komposisi sesuai selera dan tingkat kematangan yang pas. Untuk kali ini kita akan mencoba belajar membuat martabak mini dengan skala kecil terlebih dahulu.

Bahan Martabak Manis Mini

  • tepung terigu 250 gram
  • susu bubuk full cream sebanyak 50 gram
  • gula pasir sesuai selera
  • telur ayam 1 butir
  • mentega 25 gram (dicairkan)
  • mentega 25 gram (mengolesi wajan)
  • ragi instan 1/8 sdt  
  • baking powder 1/8 sdt
  • vanila 1/8
  • air hangat 300 ml

Bahan Toping Martabak Manis Mini

  • mentega 25 gram
  • gula pasir sesuai selera
  • susu kental manis
  • meises
  • keju parut

Cara Membuat Adonan Martabak Manis Mini

  1. Aduk sampai merata tepung terigu, susu bubuk, baking powder, vanila serta ragi instan.
  2. Kocok campuran gula pasir beserta telur, masukkan mentega cir sambil di aduk terus. 
  3. Masukkan campuran yang sudah diuat pada nomor 1 secara perlahan sambil sesekali di beri air hangat. Lakukan tahap ini sambil terus diaduk dan pastikan adonan tidak terlalu kental supaya hasiilnya tidak bertekstur keras (ini merupakan hal yang penting)
  4. Bila sudah selesai tutuplah adona mengunakan plastik lalu diamkan minimal selama 4 jam sampai adonan mengembang dengan ditandai kelluarnya gelembng atau lubang.

Cara Membuat Martabak Mini 

  1. Siapkan loyang ( cetakan martabak mini) lalu olesi mengunakan mentega sampai rata diteruskan memanaskan di atas kompor sampi benar-benar panas.
  2. Jika sudah panans, tuangkan adonan sampai setengah kedalaman cetakan, tekan sedikit sambil digoyangkan secara memutar agar membentuk pinggir yang cantik. Perlu diperhatikan hal ini harus dilakukan secara cepat sebelum adoanan mengumpal.
  3. Jika sudah, tunggulah hingga adonan mengeluarkan gelembung udara selanjutnya kecilkan api kompor, serta tutuplah adonan.
  4. Buka lagi tutup cetakan beri taburan gula secukupnya saja dan tutup kembali.
  5. Bila martabak sudah matang dengan ditandai perubahan warna pad bagian bawah menjadi kecoklatan maka segeralah angkat.
  6. Terakhir beri toping yang sudah disiapkan untuk menghiasi martabak.

 Catatan

Takaran pengunaan ragi serta baking powder ialah 1/8 sendok teh bila tepung terigu 250 gram. Memang menca,pur lebih banyakdapat mempercepat proses inkubasi namun akan menghasilkan rasa yang aneh akibat aroma baking powder dan ragi berlebih.
Proses pemanasan usahakan kondisi loyang/ cetakan sudah benar-benar panas, apabila belum cukup panas maka hasilnya akan bantat. 
Menarik bukan resep martabak manis yang Resep Cara Memasak bagikan kalai ini, bila ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon